Pramuka Bhayangkara Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

IMG_20170129_160236_463PRAMUKASLAWI.COM, KRAMAT – Anggota Pramuka Satuan Karya (SAKA) Bhayangkara merupakan bagian dari generasi muda, oleh karenanya diharapkan bisa menjadi contoh untuk taat hukum dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di lingkungan masing-masing.

 

Hal itu dikatakan Kapolres Tegal, AKBP Heru Sutopo,SIK melalui Kasat Binmas Polres Tegal, AKP Pujiningsih saat melepas ratusan peserta Latihan Dasar Saka Bhayangkara (Latda Bhara) tingkat Polres Tegal, Sabtu (28/1) di halaman Kecamatan Kramat.

 

“Melalui Saka Bhayangkara adik-adik diajarkan untuk taat hukum dan sekaligus menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan tertib lalu lintas dikalangan sebayanya,” katanya.

 

Hadir dalam kesempatan itu, Kapolsek Kramat AKP Suardi Jumain, Para Kanit Binmas Polsek dan Pamong Saka Bhayangkara Polres dan Polsek.

 

Menurut AKP Pujiningsih, Pramuka juga menjadi ujung tombak pembentukan karakter ditengah degradasi moral yang menerpa generasi muda bangsa ini. Sebab, didalam kegiatan kepramukaan ditanamkan nilai – nilai tentang kewajiban kepada Tuhan, negara, peduli terhadap sesama, serta menanamkan sikap disiplin bagi diri sendiri.

 

“Sebagai garda terdepan pembentukan karakter, Pramuka juga menjadi benteng adik-adik akan maraknya penyakit yang menjalar dikalangan generasi muda, seperti peredaran narkoba dan lainnya,” tandasnya.

 

Kapolsek Kramat, AKP Suardi Jumain, meminta anggota Pramuka Saka Bhayangkara semangat dalam mengikuti rangkaian kegiatan. “Tetap semangat, karena anggota Pramuka sebagai contoh perubahan pembangunan karakter,” pesannya.

 

Sementara itu, Pamong Saka Bhayangkara Polres Tegal, Aiptu Bambang Nugroho menjelaskan, kegiatan Latda Bhara merupakan proses untuk menyaring peserta didik (Pesdik) yang siap menjdi mitra Polri melalui Saka Bhayangkara. “Latda Bhara sendiri bertujuan untuk menggembleng watak mental calon anggota Saka agar lebih siap menghadapi era sekarang,” jelasnya

 

Dia menjelaskan, kegiatan dilaksanakan selama 2 (dua) hari yakni Sabtu dan Minggu (28-29/1) dan diikuti 160 peserta dari gabungan dari Polres Tegal dan 6 polsek yakni Polsek Kramat, Pangkah, Warureja, Suradadi, Pangkah dan Pagerbarang. Kegiatan diawali kegiatan perjalanan (longmarch) dari pelataran Kecamatan Kramat melewati Kemantran, Kertaharja, Kepunduhan, Bangun Galih, Jatibogor, Blubuk dan finish di Mako Polsek Suradadi pukul 16.00 Wib, menempuh perjalanan sekitar 5 jam.

 

“Setibanya di Mako Polsek Suradadi, peserta Latihan Dasar Saka Bhayangkara dibekali sejumlah materi dari Pamong Saka masing-masing Polsek. Materi yang diberikan dril borgol, dril tongkat polri serta cara membawa tahanan oleh Pamong Saka,” pungkasnya.(R1/Rds)

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Agenda

SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI KABUPATEN TEGAL 21 SEPTEMBER 2018

ESTAFET TUNAS KELAPA TAHUN 2018

Hari, Tanggal : MINGGU - SENIN, 16-17 September 2018
Waktu : Pukul 07.00 wib sd 16.00 Wib
Tempat : Kabupaten Tegal
Peserta : Kwarran se Kwarcab Tegal

PERANSAKA JAWA TENGAH 2018

Hari, Tanggal : Minggu - Jum'at 16-21 September 2018
---
Tempat : Buper Martoloyo, Suniarsih
Peserta : Kwarcab se Jawa Tengah


********


----

Hari, Tanggal : -*******
Tempat : ----
Peserta :---