Kwarran Dimbau Galang Bantuan Untuk Warga Dermasuci

IMG_9840PRAMUKASLAWI.COM, SLAWI – Kwartir ranting (kwarran) Gerakan Pramuka se-Kabupaten Tegal diimbau untuk menggalang dana guna meringankan beban warga korban bencana alam tanah bergerak di Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah.

Wakil Ketua Kwarcab Tegal, Agus Subagyo menjelaskan, gerakan pramuka tidak terlepas dari berbagai macam kegiatan sosial di masyarakat dan lingkungan. Karena itu, anggota pramuka diminta hadir dengan aksi-aksi nyata seperti aksi peduli dan bakti kepada masyarakat serta lingkungan.

”Saya mengimbau kepada jajaran kwarran agar melakukan penggalangan bantuan untuk korban bencana tanah bergerak di Dermasuci. Bantuan yang terkumpul bisa disalurkan langsung ke lokasi atau bisa melalui lembaga terkait seperti BPBD atau PMI,” kata Agus saat rapat kerja cabang (rakercab) di Sanggar Pramuka Kudaile, kemarin.

Agus juga meminta Unit Bantuan Pertolongan Pramuka (Ubaloka) selalu siaga bersama sukarelawan lain dalam melakukan penanganan bencana, maupun pendataan prioritas kebutuhan warga Dermasuci yang saat ini masih mengungsi.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup tersebut menandaskan, bahwa kehadiran pramuka melalui aksi-aksi sosial dan kemasyarakatan juga merupakan upaya untuk membentuk watak kaum muda Indonesia menjadi generasi yang berjiwa sosial, peduli dan cinta alam sebagaimana Dharma Pramuka.

”Pramuka punya peran strategis dalam pembangunan bangsa khususnya karakter kaum muda Indonesia, sehingga mereka terbentengi dari berbagai kenakalan remaja seperti narkoba, tawuran dan lainnya,” tambahnya.

Sekretaris Kwarcab Tegal, Djuliono menambahkan, rakercab†digelar rutin setiap tahun sebagai media silaturahmi antara kwarcab dan kwarran. Para peserta rakercab bisa saling berdiskusi guna melahirkan gagasan dan program. (R1/K22-69)

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Agenda

SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI KABUPATEN TEGAL 21 SEPTEMBER 2018

ESTAFET TUNAS KELAPA TAHUN 2018

Hari, Tanggal : MINGGU - SENIN, 16-17 September 2018
Waktu : Pukul 07.00 wib sd 16.00 Wib
Tempat : Kabupaten Tegal
Peserta : Kwarran se Kwarcab Tegal

PERANSAKA JAWA TENGAH 2018

Hari, Tanggal : Minggu - Jum'at 16-21 September 2018
---
Tempat : Buper Martoloyo, Suniarsih
Peserta : Kwarcab se Jawa Tengah


********


----

Hari, Tanggal : -*******
Tempat : ----
Peserta :---