Ikut Pesta Siaga, Pramuka SLB Jadi Peserta Kehormatan

slbPRAMUKSLAWI.COM, SLAWI – Pemandangan menarik terlihat pada gelaran Pesta Siaga tingkat Kwarran Slawi yang digelar di SD Slawi Kulon 1,2 dan 3, Sabtu (11/2) kemarin. Tidak seperti biasanya, kegiatan yang diikuti Pramuka Siaga dari pangkalan Gudep SD/MI umum. Kali ini turut diramaikan oleh Pramuka Luar Biasa / berkebutuhan khusus dari Gudep SLB Manunggal Slawi yang menjadi peserta Kehormatan.

 

“Dalam Pesta Siaga Kwarran Slawi kali ini agak special, karena ikut diramaikan oleh adik-adik SLB Manunggal Slawi. Kami dari Kwarran sangat apresiasi sekali. Oleh karena, peserta dari SLB kami jadikan peserta kehormatan,” ujar Ketua Kwarran Slawi, Suhartono,S.Pd disela kegiatan

 

Menurutnya, meskipun secara fisik terlihat memiliki kekurangan, namun mereka tampak semangat mengikuti kegiatan yag diujikan bersama anak-anak Pramuka Siaga sebaya lainnya. “Seperti adik-adik Siaga pada umumnya, adik-adik dari Pramuka SLB juga  mengikuti berbagai kegiatan yang diujikan pada taman-taman kegiatan. Dari taman agama, ketangkasan, ketrampilan, semangat barung, pengetahuan umum, tali temali hingga taman seni budaya,” paparnya.

 

Pembina Pendamping SLB Manunggal, Dyah Nur Maulah,S.Pd mengemukakan, dalam membibing anak di SLB sedikit mengalami kesulitan karena berbeda kemampuan juga dengan cacat fisik yang dialami mereka juga berbeda-beda, sementara kegiatan yang diajarkan dalam pramuka juga sama seperti bagi yang normal.

 

“Latihan persiapan hanya dilakukan selama 2 minggu. 1 hari 1 taman kegiatan yang diujikan seperti tali temali, baris berbaris dan juga kegiatan terkait kepramukaan lainnya. Memang agak sulit tapi pada akhirnya mereka juga bisa mengikutinya”. Ungkapnya.

 

Dyah mengaku, pihaknya mengirimkan 2 barung peserta yang terdiri dari 10 putra dan 10 putri kelas 3 – 6 SDLB dan rata-rata merupakan tunarungu. Sedangkan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia).

 

“Insya Alloh kedepan Pramuka Sekolah Luar Biasa akan berpartisipasi dalam kegiatan – kegiatan Pramuka lainnya yang sebaya dengan anak didiknya. Kami juga mengucapkan terimakasih atas support dan dukungan dari Mabiran, Kwarran maupun Kwarcab untuk anak-anak. Apalagi, kami pada Pesta Siaga ini, kami mendapat Tropi sebagai peserta spesial / kehormatan. Ini tambah membuat anak-anak menjadi senang dan bahagia,” imbuhnya.

 

Sebelumnya, Camat Slawi, Elliya Hidayah,S.IP selaku Ketua Mabiran saat membuka kegiatan mengatakan, Pramuka merupakan wadah pembentukan karakter. Selain itu, Pramuka juga diharapkan membentuk generasi cerdas untuk mengawal bangsa ini.

 

Kegiatan yang diikuti 42 Gudep dari pangkalan SD/MI se Kecamatan Slawi itu, dihadiri jajaran Muspika seperti Danramil, Kapolsek, UPTD Dikbud Slawi, Pengurus Kwarran dan Para Ketua Mabigus se Kwarran Slawi. (R1)

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Agenda

SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI KABUPATEN TEGAL 21 SEPTEMBER 2018

ESTAFET TUNAS KELAPA TAHUN 2018

Hari, Tanggal : MINGGU - SENIN, 16-17 September 2018
Waktu : Pukul 07.00 wib sd 16.00 Wib
Tempat : Kabupaten Tegal
Peserta : Kwarran se Kwarcab Tegal

PERANSAKA JAWA TENGAH 2018

Hari, Tanggal : Minggu - Jum'at 16-21 September 2018
---
Tempat : Buper Martoloyo, Suniarsih
Peserta : Kwarcab se Jawa Tengah


********


----

Hari, Tanggal : -*******
Tempat : ----
Peserta :---