Pramuka Perlu Terapkan Empat Sehat Lima Sempurna

PEMBUKAAN GSAM1PRAMUKASLAWI.COM, SLAWI – Dalam pengelolaan dan pembinaan organisasi, Gerakan Pramuka baik ditingkat Kwartir maupun satuan Gugus Depan (Gudep) perlu menerapkan Empat  sehat Lima Sempurna.

 

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal Bidang Organisasi dan Hukum, Drs. H. Agus Subagyo MM saat membuka ajang Ganas Scout Achievement Meeting (GSAM) ke – 9 tahun 2017 yang digelar dalam rangka HUT Ambalan Gajahmada dan Nyi Ageng Serang Gudep Pangkalan SMA Negeri 1 Slawi, Minggu (26/03). Kegiatan diikuti 62 Regu Penggalang dari 31 pangkalan Gugusdepan (Gudep) SMP/MTs se Wilayah Pekalongan.

 

Menurutnya, Empat sehat yang dimaksud yaitu pertama, sehat niat. Hal ini berarti dalam mengelola organisasi khususnya Pramuka hendaknya diniati dengan hati yang ikhlas penuh sukarela, tanpa pamrih. Yang kedua, sehat aktifitas, artinya aktifitas pekerjaan, aktifitas latihan dan kegiatan sehari – hari selalu dilaksanakan dengan baik.

 

PEMBUKAAN GSAM“Niat yang ikhlas perlu dalam mengelola Pramuka, sesuai amsal kita ‘ikhlas bakti bina bangsa,” katanya.

 

Sehat yang ketiga, kata Agus, yaitu sehat manajemen, artinya dalam mengelola organisasi maupun kegiatan selalu dengan perencanaan yang baik. Sehingga tujuan yang diharapkan bisa tercapai secara optimal.

 

“Dengan perencanaan yang baik, maka kegiatan yang kita laksanakan akan mencapai hasil yang maksimal,” tandasnya.

 

Masih kata Agus yang juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sehat yang keempat, yaitu sehat Jasmani dan rohani. Sehat yang terakhir atau sebagai penyempurna yaitu sehat do’a dan sholawat.

 

“Tidak ada yang sulit, jika setiap usaha kita selalu dilandasi do’a dan sholawat,” pungkas Agus yang mewakili Wakil Bupati Tegal yang berhalangan hadir.

 

Sementara Kepala SMA Negeri 1 Slawi, Dra Mimik Supriyatin MM melalui Pembina Pramuka, Nenny Dwi Agustin,SH menjelaskan kegiatan GSAM bertujuan untuk membina dan mengembangkan persaudaraan dan meningkatkan persatuan serta kesatuan dikalangan pramuka penggalang dalam kegiatan prestasi. Selain itu juga sebagai ajang pencapaian prestasi bagi para anggota pramuka penggalang se Wilayah Pekalongan.

 

“Ajang ini juga menjadi sarana pengembangan diri dalam bina satuan bagi Pramuka Penegak SMA Negeri 1 Slawi. Sekaligus dalam rangka memperingati HUT Ambalan,” katanya.

 

Dikatakan, beragam kegiatan prestasi dilombakan dalam GSAM ke – 9 yaitu Ganas Scout Rally (penjelajahan), Ganas Smart Competition (Cerdas Cermat), Ganas Pionering Competition (Pionering), Ganas Stick March Competition (Kolone tongkat), Ganas Digital Poster Competition (melukis desain grafis) dan Ganas Mastermind Show (cerita bahasa jawa) dan.

 

“Kegiatan mengusung tema “Cinta Budaya bersama Pramuka Yang Modern”. Kegiatan diikuti 62 regu penggalang dari 31 SMP/MTs se wilayah Pekalongan,” bebernya. (R1)

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Agenda

KELUARGA BESAR KWARCAB TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HUT SATPOL PP KE 68, SATLINMAS KE 56 DAN DAMKAR KE 99 TAHUN 2018

PESTA SIAGA KWARCAB TEGAL 2018

Hari, Tanggal : Minggu, 11 Maret 2018
Waktu : Pukul 07.00 wib sd 16.00 Wib
Tempat : Pemkab Tegal
Peserta : 36 Barung Tergiat se Kwarcab Tegal

PESTA SIAGA KORWIL PEKALONGAN

Hari, Tanggal : SABTU, 24 Maret 2018
---
Tempat : Komplek Pemkot Pekalongan
Peserta : 3 Barung Pa dan 3 Barung Pi terbaik Kwarcab Tegal


********


----

Hari, Tanggal : -*******
Tempat : ----
Peserta :---