Meski Sederhana, Renungan Hari Pramuka 57 Khidmat

IMG-20180813-WA0082PRAMUKASLAWI.COM, SLAWI – Puluhan anggota Pramuka Dewasa yang terdiri dari pengurus Kwarcab, Mabicab, Pelatih, Pramuka Penegak dan Pandega mengikuti renungan dan Ulang Janji menjelang Hari Pramuka Ke – 57 di Sanggar Pramuka Kwarcab Tegal, Senin (13/8) malam.

Renungan dan ulang janji dipandu oleh Ketua Kwarcab Tegal, dokter Widodo Joko Mulyono dan dihadiri sejumlah Pengurus Kwarcab, Pengurus DKC dan Pramuka Penegak Pandega di wilayah Slawi dan sekitarnya.

Acara dimulai sekitar Pukul 23.55 WIB malam menjelang hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2018 dengan saling memberi hormat yang dipimpin oleh Pemimpin Upacara renungan.

“Saling hormaat…. Gerak,” ucap Pemimpin Upacara yang merupakan Pramuka Penegak.

Selanjutnya rangkaian acara dilanjutkan dengan penyalaan api Dasadharma sebagai simbol 10 Dharma Pramuka yang perlu dihayati, ditanamkan dan diamalkan oleh anggota Pramuka. Sekaligus sebagai semangat kaum muda Indonesia yang menyala – nyala.

10 (sepuluh) api Dasadharma tersebut dibawa oleh 10 (sepuluh) pembawa obor dari Pramuka Penegak, dengan langkah yang mantap maju ketengah satu per satu menyalakan obor yang yang secara simbolis api pertama dinyalakan oleh Ketua Kwartir Cabang selaku Pembina Upacara.

Secara berurutan Dasa Darma diucapkan, disertai nyala obor dalam sikap sempurna yang menerangi segenap peserta upacara.

Tidak lama kemudian, Sang Merah Putih, lambang kebanggaan bangsa Indonesia, yang mencerminkan keberanian karena membela yang benar dan akan menjadi saksi apa yang direnungkan jajaran Pramuka, memasuki arena upacara renungan dan menempatkan diri di tengah arena dengan mengambil posisi sebelah kanan depan Pembina Upacara.

Ketua Kwartir Cabang Tegal, dokter Widodo Djoko Mulyono selaku Pembina Upacara mengajak kepada peserta upacara renungan untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia yang diberikan.

“Adik – adik dan Kakak – kakak warga Gerakan Pramuka yang berbahagia. Pada malam yang berbahagia ini, marilah kita bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semuanya,” ucapnya

Pembina Upacara melanjutkan, setelah kita renungkan bersama akan perjalanan perjuangan dan pengabdian kita, maka pada kesempatan yang baik ini marilah kita semua sebagai Pandu Indonesia membulatkan tekad, mengorbankan semangat untuk meneruskan perjuangan dan pengabdian itu demi tercapainya tujuan bangsa, yakni masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

“Marilah kita pegang Sang Merah Putih yang ada di pundak kita, dengan maksud agar selama jantung kita masih berdetak, kita akan selalu ingat, bahwa dipundak kita, dipercayakan tugas dan tanggungjawab untuk melaksanakan janji Pramuka Indonesia, Tri Satya,” ajaknya yang diikuti seluruh peserta.

Meski digelar dengan sederhana, kegiatan renungan dan ulang janji berlangsung dengan khidmat dan diakhiri dengan pembacaan doa sera menyanyikan lagu Padamu Negeri dan Syukur.

Acara diakhiri dengan syukuran ditandai pemotongan tumpeng sebagai wujud syukur oleh Ketua Kwarcab Tegal diserahkan kepada Ketua DKC Pramuka Penegak Pandega Tegal Septi Kusuma Putri sebagai simbol adanya estafet kepemimpin dan kaderisasi dalam Gerakan Pramuka. (R1)

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Agenda

SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI KABUPATEN TEGAL 21 SEPTEMBER 2018

ESTAFET TUNAS KELAPA TAHUN 2018

Hari, Tanggal : MINGGU - SENIN, 16-17 September 2018
Waktu : Pukul 07.00 wib sd 16.00 Wib
Tempat : Kabupaten Tegal
Peserta : Kwarran se Kwarcab Tegal

PERANSAKA JAWA TENGAH 2018

Hari, Tanggal : Minggu - Jum'at 16-21 September 2018
---
Tempat : Buper Martoloyo, Suniarsih
Peserta : Kwarcab se Jawa Tengah


********


----

Hari, Tanggal : -*******
Tempat : ----
Peserta :---