Home » Berita » Perwimanas Akan Digelar Empat Tahun Sekali

 
 

Perwimanas Akan Digelar Empat Tahun Sekali

 
Edisi 31 July 2014

Berita »

Lantik Kwarnas Pramuka, Presiden SBY Menantang Lakukan Kegiatan di Alam Terbuka

Lantik Kwarnas Pramuka, Presiden SBY Menantang Lakukan Kegiatan di Alam Terbuka

JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melantik mantan menteri Pemuda dan Olah Raga, Adhyaksa Dault, sebagai Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka...

 
Presiden SBY Titipkan Gerakan Pramuka Pada H. Adhyaksa Dault

Presiden SBY Titipkan Gerakan Pramuka Pada H. Adhyaksa Dault

JAKARTA – Presiden selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara khusus menitipkan Gerakan Pramuka kepada...

 
Presiden Kukuhkan Pengurus Kwarnas masa bakti 2013 – 2018

Presiden Kukuhkan Pengurus Kwarnas masa bakti 2013 – 2018

JAKARTA – Presiden Republik Indonesia selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, Senin sore (2/6) resmi mengukuhkan...

 
Kwarcab Diminta Tingkatkan Kerjasama Lembaga

Kwarcab Diminta Tingkatkan Kerjasama Lembaga

SLAWI – Kinerja Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal kurun waktu tahun 2013 dipotret langsung oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah dalam Penilaian Lomba...

 
Saka Bhayangkara Bentuk Karakter Profesional

Saka Bhayangkara Bentuk Karakter Profesional

JATINEGARA – Satuan Karya Pramuka (Saka) Bhayangkara adalah wadah kegiatan kebhayangkaraan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang...

 
 

Perkemahan Wirakarya Ma’arif NU Nasional (Perwimanas) yang merupakan perkemahan untuk tingkat penegak (SMA/MA/SMK) di lingkungan NU diputuskan untuk digelar empat tahun sekali.

Hal ini adalah diantara hasil kesepakatan pertemuan sejumlah utusan PW LP Ma’arif NU se Indonesia dengan PP LP Ma’arif NU. “Hal ini sebagai hasil keputusan dalam pertemuan yang dihadiri PP LP Maarif NU dan PW LP Maarif NU dari belasan provinsi se-Indonesia yang mengikuti Perwimanas I di Jombang,” kata Wakil Ketua LP Maarif NU Jatim H Abdul Mujib Hasyim di arena Perwimanas, Sabtu (29/6).

Menurut Gus Mujib, pertemuan itu diselenggarakan pada Jumat (28/6) malam juga menyepakati Perkemahan Penggalang Maarif Nasional (Pergamanas) yang merupakan perkemahan untuk tingkat penggalang (SMP/MTs) dan diadakan di antara dua Perwimanas.

“Untuk Pergamanas I yang pertama kalinya telah diminta Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj untuk digelar di pesantren asuhannya di Jawa Barat pada tahun 2014,” katanya.

Sementara Perwimanas II masih belum diputuskan, namun ada tiga PW LP Ma’arif NU yang meminta yakni Jateng, Jambi, dan Lampung. “Siapa yang ditunjuk masih menunggu keputusan PP LP Maarif NU,” kata Sunan Fanani, Sekretaris PWNU Jatim.

Namun, katanya, Perwimanas II disepakati untuk digelar pada 2017, sedangkan keputusan penyelenggaraan Pergamanas II masih menunggu Pergamanas I pada tahun mendatang.

“Yang jelas, Pergamanas (SMP) dan Perwimanas (SMA) itu merupakan bukti dari kepercayaan Kwarnas Pramuka yang menunjuk LP Ma’arif NU sebagai satuan koordinasi (sako) yang pertama kali untuk tingkat organisasi guna menghimpun gugus di lingkungan organisasi itu,” katanya.

Sukses penyelenggaraan Perwimanas di PP Babussalam sejak tanggal 24-29/6 kian menambah kepercayaan diri peserta dan pengurus LP Ma’arif untuk menyelenggarakan kegiatan serupa pada periode berikutnya.

Hanya saja, untuk bisa dan berhak menjadi tuan rumah, ada baiknya belajar dari penyelenggaraan Perwimanas pertama ini yang mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak.

“Semoga pelaksanaan Perwimanas kedua akan lebih baik,” kata Ketua PW LP Ma’arif NU Jatim, Dr Akhmad Muzakki.

Redaktur    : A. Khoirul Anam
Kontributor: Syaifullah

 

sumber : nu online

 

No comments

Be the first one to leave a comment.

Post a Comment