Home » Berita » Pramuka Tegal Ikuti ISPC

 
 

Pramuka Tegal Ikuti ISPC

 
Edisi 30 September 2014

Berita »

Ribuan Pramuka Hadiri Upacara Hari Pramuka ke 53 Kabupaten Tegal

Ribuan Pramuka Hadiri Upacara Hari Pramuka ke 53 Kabupaten Tegal

SLAWI – Puncak peringatan Hari  Pramuka ke – 53 tingkat Kabupaten Tegal yang dipusatkan di lapangan Upacara Pemkab Tegal, Kamis (18/9). Upacara dipimpin langsung...

 
Pasukan Bendera “PASTAP SAKTI” Terbentuk

Pasukan Bendera “PASTAP SAKTI” Terbentuk

SLAWI – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal resmi miliki Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Pramuka yang diberinama Pasukan Bendera Tirta Aji Pakerti Siap Berbakti...

 
SD Kalisapu 4 Jawara Jambore Pramuka Slawi

SD Kalisapu 4 Jawara Jambore Pramuka Slawi

SLAWI – Prestasi kembali ditorehkan oleh Gugusdepan SD Negeri Kalisapu 04 Kecamatan Slawi. Seakan telah menjadi langganan juara, dalam ajang Jambore Penggalang...

 
Pengurus SAKO SIT Tegal Dikukuhkan

Pengurus SAKO SIT Tegal Dikukuhkan

SLAWI – Pengurus Satuan Komunitas (SAKO) Pramuka Sekolah Islam Terpadu resmi terbentuk di Kabupaten Tegal. Peresmian ditandai dengan pengukuhan Pengurus SAKO SIT...

 
Camat Slawi Buka Jambore Penggalang

Camat Slawi Buka Jambore Penggalang

SLAWI – Camat Slawi, Abuseri SIP selaku Ketua Mabiran Pramuka meresmikan pembukaan kegiatan Jambore Penggalang SD / MI tingkat Kwartir Ranting Slawi yang dipusatkan...

 
 

SLAWI – Anggota Pramuka Pandega Putri Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.28 Tegal bakal mewakili Kabupaten Tegal dan Kontingen Jawa Tengah untuk mengikuti kegiatan Perkemahan Perdamaian Pramuka Dunia atau Internasional Scout Peace Camp (ISPC) di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta pada 25 – 31 Maret 2013 mendatang.

Pramuka Pandega putri tersebut yakni Herwin Kurniawati (21), yang merupakan alumni SMA Negeri 01 Slawi tahun 2010. Saat ini Herwin tercatat sebagai mahasiswa semester 6 Sekolah Tinggi Akuntan Negara (STAN)

Herwin Kurniawati saat berpamitan kepada Ketua Kwartir Cabang mengaku bangga dan senang bisa lolos seleksi dan menjadi wakil Kabupaten Tegal dan Jawa Tengah di ajang internasional yang bertajuk ISPC.

“Tentunya seneng banget, dapat kesempatan, “ akunya bangga.

Dirinya menuturkan, kegiatan perkemahan Perdamaian Dunia tahun 2013 atau ISPC  mengangkat tema, Scouting Builds Peace dan ber-sub tema, Understand Peace Through Socio-Cultural Diversity. ISPC akan diikuti sekitar  500 orang anggota kepramukaan dunia yang berusia 16-25 tahun yang berasal dari 6 wilayah region, seperti Asia Pacific, Africa, Arab, Eropa, Eurasia, dan Inter-America.

“Untuk tiap Kwarda / Propinsi wajib mengirimkan 8 Peserta yang terdiri dari 4 putra dan 4 putri,” terangnya

Selain kegiatan di Cibubur, lanjut Herwin, para peserta juga akan hidup bersama masyarakat selama 3 hari, yaitu di Sub Camp Setu Babakan, Sub Camp Kampung Domba, Pandeglang, Banten, dan Sub Camp Desa Sukaratu, Cianjur, Jawa Barat.

“Peserta ISPC yang merupakan duta-duta perdamaian  ini berkesempatan untuk mempelajari sekaligus memahami dunia yang memiliki keanekaragaman lingkungan sosial, budaya, etnik, ras, agama dan lainnya. Kita dapat bertukar keberagaman budaya, informasi serta pengetahuan dari setiap Negara,” paparnya.

Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono MKes MMR menyampaikan apresiasi dan selamat kepada calon peserta ISPC wakil dari Kwarcab 11.28 Tegal sehingga mampu terpilih dan berkesempatan menjadi bagian dari kontingen Jawa Tengah.

“Saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan. Manfaatkan dengan baik kesempatan yang jarang ini,” katanya kemarin.

Dr Joko berharap, perwakilan dari Kwarcab 11.28 Tegal mampu menjadi duta yang baik bagi Jawa Tengah dan khususnya bagi Kabupaten Tegal di ajang Internasional.

“Pengalaman yang berharga ini, hendaknya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Herwin. Jadilah duta yang baik, berikan informasi tentang Jawa Tengah dan  terlebih khusus Kabupaten Tegal dimata dunia,” harapnya.

Sementara itu, Pb Andalan Cabang Urusan Humas Kwarcab 11.28 Tegal, Nurhasan mengatakan sebelumnya telah dilakukan oleh seleksi oleh Kwarda 11 Jawa Tengah pada tanggal 17 Februari 2013 di Semarang yang diikuti  22 orang anggota Pramuka utusan Kwartir Cabang se Jawa Tengah

“Dari hasil seleksi tersebut diambil 8 orang Penegak/Pandega. Satu diantaranya adalah Herwin Kurniawati anggota Pramuka T/D Kwarcab 11.28 Tegal,” katanya

Melalui kegiatan ini, sambung Khasan, para duta-duta perdamaian tersebut, berkesempatan untuk mempelajari sekaligus memahami dunia yang memiliki keanekaragaman lingkungan sosial, budaya, etnik, ras, agama dan lainnya.

“Dengan adanya kegiatan ini, mereka dapat bertukar informasi, pengetahuan dan keberagaman budaya dari setiap Negara,” pungkasnya. (R1/Hs)

 

No comments

Be the first one to leave a comment.

Post a Comment