Home » Berita » Ribuan Pramuka Ikuti Jambore

 
 

Ribuan Pramuka Ikuti Jambore

 
Edisi 01 November 2014

Berita »

Ribuan Pramuka Hadiri Upacara Hari Pramuka ke 53 Kabupaten Tegal

Ribuan Pramuka Hadiri Upacara Hari Pramuka ke 53 Kabupaten Tegal

SLAWI – Puncak peringatan Hari  Pramuka ke – 53 tingkat Kabupaten Tegal yang dipusatkan di lapangan Upacara Pemkab Tegal, Kamis (18/9). Upacara dipimpin langsung...

 
Pasukan Bendera “PASTAP SAKTI” Terbentuk

Pasukan Bendera “PASTAP SAKTI” Terbentuk

SLAWI – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal resmi miliki Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Pramuka yang diberinama Pasukan Bendera Tirta Aji Pakerti Siap Berbakti...

 
SD Kalisapu 4 Jawara Jambore Pramuka Slawi

SD Kalisapu 4 Jawara Jambore Pramuka Slawi

SLAWI – Prestasi kembali ditorehkan oleh Gugusdepan SD Negeri Kalisapu 04 Kecamatan Slawi. Seakan telah menjadi langganan juara, dalam ajang Jambore Penggalang...

 
Pengurus SAKO SIT Tegal Dikukuhkan

Pengurus SAKO SIT Tegal Dikukuhkan

SLAWI – Pengurus Satuan Komunitas (SAKO) Pramuka Sekolah Islam Terpadu resmi terbentuk di Kabupaten Tegal. Peresmian ditandai dengan pengukuhan Pengurus SAKO SIT...

 
Camat Slawi Buka Jambore Penggalang

Camat Slawi Buka Jambore Penggalang

SLAWI – Camat Slawi, Abuseri SIP selaku Ketua Mabiran Pramuka meresmikan pembukaan kegiatan Jambore Penggalang SD / MI tingkat Kwartir Ranting Slawi yang dipusatkan...

 
 

ADIWERNA – Sedikitnya 2100 Pramuka Penggalang dari pangkalan SD/MI, SMP/MTs se Kecamatan Adiwerna meramaikan perkemahan Jambore Ranting (Jamran) Kwarran 11.28.04 Adiwerna. Kegiatan yang dipusatkan di lapangan Manunggal Ujungrusi sebelah barat Mako Yonif 407 / Padmakusuma itu, dibuka secara resmi oleh Camat Adiwerna Moh. Soleh, S.Sos MM, Senin (18/6) kemarin.

 

Dalam kesempatan tersebut, selain Penggalang tampak sejumlah 72 Pramuka Penegak dari 6 sangga juga turut memeriahkan perkemahan jambore ranting.

 

Ketua Panitia Jamran, Sugeng, S.Pd didampingi Nasrudin mengatakan Jambore merupakan kegiatan rekreasi sekaligus pertemuan besar bagi pramuka penggalang yang bertujuan membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan Pramuka yang berupa janji Trisatya dan ketentuan moral Dasa Darma Pramuka.

 

“Jambore juga sebagaai sarana memupuk persaudaraan di kalangan Pramuka Kwaran Adiwerna,” katanya disela kegiatan, Selasa (19/6).

 

Dalam Jamran ini, kata Sugeng, peserta akan mengikuti berbagai kegiatan yang disiapkan oleh panitia. Dimana kegiatan tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok kegiatan yang disajikan dalam perlombaan, yaitu bidang ketrampilan, ketangkasan, seni budaya, cinta tanah air, kesehatan lingkungan dan sebagainya.

 

“Materi kegiatan yang dilombakan antara lain pionering, senam pramuka, pentas seni, penjelajahan, dan PBB,” paparnya.

 

Terkait peserta, kata Sugeng, Jambore diikuti sejumlah 65 pangkalan SD/MI, 8 pangkalan SMP/MTs dan juga dimeriahkan oleh 3 pangkalan Penegak SMK / sederajat.

 

”Peserta Jamran mencapai 2000 orang terdiri dari 1950 peserta dari SD/MI, 180 peserta dari SMP/MTs dan 72 peserta dari Unsur Penegak,”imbuhnya.

 

Sementara Camat Adiwerna. Moh Soleh, S,Sos MM saat membuka acara mengatakan Jambore merupakan sarana pembentukan karakter bagi pramuka yang diimplementakan dalam perkemahan. Dimana dalam Jamran, peserta dapat menggali ilmu dan ketrampilan.

 

“Jadikan Jamran ini, untuk menggali ilmu dan ketrampilan sebanyak – banyaknya,” katanya.

 

Dikatakan Soleh, Jambore ranting juga dapat dijadikan sarana menumbuhkan semangat kebersamaan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan sesama Pramuka khususnya se wilayah Kecamatan Adiwerna.

 

“Tanamkan kebersamaan dalam Jambore ini, dan saya pesan tetap jaga kebersihan lingkungan kita,” pungkasnya

 

Jambore Ranting yang dimulai sejak Senin (18/6) akan berakhir Rabu (20/6) sore ini. (san/R1)

 

No comments

Be the first one to leave a comment.

Post a Comment