Home » Berita » Saka Kalpataru Jawa Tengah Terbentuk

 
 

Saka Kalpataru Jawa Tengah Terbentuk

 
Edisi 20 April 2014

Berita »

Keluarga Balita Tenggelam Terima Santunan Pramuka

Keluarga Balita Tenggelam Terima Santunan Pramuka

Perwakilan Kwarcab Pramuka menyerahkan santunan kepada keluarga balita tenggelam, Nurdianah. Santunan diterima ayah Korban, Inan. SLAWI – Keluarga balita...

 
Bupati Tegal Buka Pesta Siaga tingkat Cabang

Bupati Tegal Buka Pesta Siaga tingkat Cabang

SLAWI – Gelaran adu prestasi kecakapan dan ketrampilan Pramuka Siaga dalam ajang Pesta Siaga tingkat Kwarcab Tegal resmi dibuka oleh Bupati Tegal, Enthus Susmono...

 
30 Siswa Yatim Terima Santunan Pramuka

30 Siswa Yatim Terima Santunan Pramuka

SLAWI – Sebanyak 30 Siswa Sekolah Dasar (SD) dari keluarga kurang mampu di wilayan Kecamatan Slawi menerima santunan dari Pramuka Kwartir Cabang Tegal. Penyerahan...

 
Enam Barung Maju Pesta Siaga Korwil Pekalongan

Enam Barung Maju Pesta Siaga Korwil Pekalongan

SLAWI – ENAM Barung tergiat 1, 2, dan 3 putra dan putri dalam Pesta Siaga tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal yang digelar di komplek Sekretariat...

 
Pesta Siaga Kwarran Talang

Pesta Siaga Kwarran Talang

TALANG – Beragam perlombaan mewarnai ajang pertemuan Pramuka untuk golongan Siaga tingkat Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Talang yang dipusatkan di Komplek Kantor...

 
 
SEMARANG – Kwarda Jawa Tengah bersama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Propinsi Jawa Tengah menggelar rapat koordinasi pembentukan Saka Kalpataru Jawa Tengah di ruang pertemuan BLH, Kamis (29/8). Kegiatan dihadiri perwakilan Kwartir Cabang (Kwarcab) dan BLH Kabupaten / Kota se Jawa Tengah.
Rakor dibuka Kepala BLH Jateng, Ir Agus Sriyanto MSi dan dihadiri Waka Kwarnas Bidang Organisasi dan Kerjasama, Laksma TNI (Purn) Dr Amoroso Katamsi, Ketua Kwarda Jateng dan perwakilan Kementrian LH.
Dalam kesempatan itu, perwakilan Kabupaten Tegal dihadiri langsung oleh Kepala BLH, Drs Agus Subagyo MM yang juga Waka Kwarcab Bidang Organisasi Hukum dan Ancu Humas Kwarcab, Nurhasan yang mewakili unsur Kwartir Cabang.
Rakor diisi dengan paparan latang belakang didirikannya Saka Kalpataru oleh Kabid Organisasi Profesi dan Dunia Usaha Kemantrian LH, Dra Joe Kumladewi MSc. Menurutnya Saka Kalpataru merupakan Satuan Karya Pramuka tempat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, ketrampilan dan kecakapan, dan kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pandega serta sebagai wadah untuk menanamkan kepedulian dan rasa tanggungjawab dalam mengelola, menjaga, dan mempertahankan dan melestarikan lingkungan untuk keberlanjutan generasi sekarang dan mendatang.
Pembentukan Saka Kalpataru bertujuan untuk memberi wadah pendidikan dan pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta keterampilan khususnya yang berkaitan dengan substansi Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) yang menjadi bekal penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan Negara.
Satuan Karya Pramuka Kalpartaru untuk tahap awal meliputi tiga Krida yaitu : (1) Krida 3R (Reduce, Reuse, Recycle), (2) Krida Perubahan Iklim dan (3) Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati. Untuk tahap berikutnya yaitu tahun 2014, Krida SAKA Kalpataru akan ditambahkan sesuai dengan kebutuhan dalam pengelolaan lingkungan.
Tujuan pembentukan saka lingkungan (kalpataru) adalah untuk memberi wadah pendidikan dan pembinaan bagi pramuka sekaligus untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta keterampilan khususnya yang berkaitan dengan substansi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (pplh) yang menjadi bekal penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara.
Hal ini sesuai dengan kesepakatan bersama antara menteri negara lingkungan hidup denganKetua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor: 17/menlh/11/2011 dan nomor: 014/pk-mou/11/2011, serta uu no. 32 tentang pelaksanaan program dan kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.
Selain paparan dari Kementrian LH, juga diisi paparan tentang SAKA oleh Waka Kwarnas, Laksma TNI (Purn) Dr Amoroso Katamsi dan Ketua Kwarda Jateng, Prof DR Ir S Budi Prayitno MSc . 

Rakor diakhiri dengan Pengukuhan Mabi Saka Kalpataru Kwarda Jateng yang diketuai oleh Kepala BLH Jateng, Ir Agus Sriyanto MSi oleh Ketua Kwarda Jateng yang menandai terbentuknya Saka Kalpataru di Jawa Tengah.Diharapkan jajaran BLH Kabupaten / Kota dan Kwarcab se Jawa Tengah segera menindaklanjuti hasil rakor tersebut dengan pembentukan Saka Kalpataru ditingkat cabang masing – masing. Selamat memandu dan selamat datang Saka lingkungan hidup…. SAKA KALPATARU. (R1/Admin)
 

No comments

Be the first one to leave a comment.

Post a Comment