Home » Berita » Tim Kwarda Jateng Disambut Kesenian Calung

 
 

Tim Kwarda Jateng Disambut Kesenian Calung

 
Edisi 24 April 2014

Berita »

Keluarga Balita Tenggelam Terima Santunan Pramuka

Keluarga Balita Tenggelam Terima Santunan Pramuka

Perwakilan Kwarcab Pramuka menyerahkan santunan kepada keluarga balita tenggelam, Nurdianah. Santunan diterima ayah Korban, Inan. SLAWI – Keluarga balita...

 
Bupati Tegal Buka Pesta Siaga tingkat Cabang

Bupati Tegal Buka Pesta Siaga tingkat Cabang

SLAWI – Gelaran adu prestasi kecakapan dan ketrampilan Pramuka Siaga dalam ajang Pesta Siaga tingkat Kwarcab Tegal resmi dibuka oleh Bupati Tegal, Enthus Susmono...

 
30 Siswa Yatim Terima Santunan Pramuka

30 Siswa Yatim Terima Santunan Pramuka

SLAWI – Sebanyak 30 Siswa Sekolah Dasar (SD) dari keluarga kurang mampu di wilayan Kecamatan Slawi menerima santunan dari Pramuka Kwartir Cabang Tegal. Penyerahan...

 
Enam Barung Maju Pesta Siaga Korwil Pekalongan

Enam Barung Maju Pesta Siaga Korwil Pekalongan

SLAWI – ENAM Barung tergiat 1, 2, dan 3 putra dan putri dalam Pesta Siaga tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal yang digelar di komplek Sekretariat...

 
Pesta Siaga Kwarran Talang

Pesta Siaga Kwarran Talang

TALANG – Beragam perlombaan mewarnai ajang pertemuan Pramuka untuk golongan Siaga tingkat Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Talang yang dipusatkan di Komplek Kantor...

 
 
Slawi – Ada yang berbeda dari penyambutan tim penilai lomba Kwartir Cabang Tergiat tahun 2012. Kali ini tim dari Kwarda 11 Jawa Tengah disambut dengan kesenian Calung Suara Mahardika dari SD Negeri Kebasen 01 Kecamatan Talang yang beranggotakan 12 siswa SD usia Pramuka Siaga.
Salah satu Guru SD N Kebasen 01, Henwi Pergiwati, S.Pd menjelaskan grup kesenian calung ‘suara mahardika’ dari SD N Kebasen 01 sengaja diminta oleh Kwartir Cabang 11.28 Tegal untuk menampilkan kemampuannya dalam penyambutan tim lomba Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah yang digelar Kamis (24/5) di Sanggar Pramuka Kwartir Cabang.
“Jumlah personil seluruhnya 40 anak, tapi yang ikut tampil hanya 12 orang, yaitu siswa usia pramuka siaga. Ini sesuai permintaan dari Kwarcab,” terangnya kemarin.
Meski baru berusia 3 bulan, kata Henwi, namun beberapa prestasi pernah diraih suara mahardika, diantaranya penampil terbaik pentas seni daerah pada pesta siaga tingkat Kwartir Cabang 11.28 Tegal dan Pesta Siaga tingkat Korwil Pekalongan.
“Awalnya kami berlatih dengan alat dari hasil sewa, tapi alhamdulillah 3 bulan lalu resmi berlatih dengan alat sendiri,” akunya.
Dikatakan Henwi yang juga aktif sebagai Pengurus Kwarcab 11.28 Tegal ini, terkait latihan suara mahardika dilatih oleh masyarakat dan pemuda karang taruna Desa Kebasen.
“Untuk pelatih dari masyarakat langsung dan pemuda karang taruna setempat,” pungkasnya.
Henwi menambahkan, grup calung suara mahardika juga siap menerima panggilan untuk memberikan hiburan bagi masyarakat pada event – aeven tertentu.

Tampak dalam penyambutan tim lomba kemarin, suara mahardika membawakan 6 lagu  lagu apik yang sedang ngetrend saat ini yaitu iwan peye, prau layar, gundul pacul, suwe ora jamu dan lagu daerah irian yamko rambe yamko (R1/Hs)

 

1 Comment

Post a Comment